GARIS BESAR PROGRAM PENDIDIKAN PP FADLLUL WAHID
بسم الله الرحمن الرحيم ،
الحمد لله رب العالمين ، وبه نستعين على أمور الدنيا والدين، وصلى الله على
سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم أجمعين . أما بعد ، طلب العلم فريضة على كل
مسلم......(حديث شريف).
A.MUQADDIMAH
Tepatkah bahwa
pondok pesantren merupakan jawaban atau solusi untuk Menggugurkan kewajiban
seseorang dari hal thalabul ilmi? Dengan kata lain, apakah sudah terpenuhi kewajiban orang
tua dalam hal pendidikan anak ketika sang anak sudah masuk pondok pesantren?
Lalu membutuhkan waktu berapa lama untuk memenuhi target pendidikan tersebut?
Seorang
muslim berkewajiban secara fardu ‘ain mengetahui hukum-hukum islam , mengetahui
apa yang akan dan harus ia lakukan , mengetahui hal-hal yang secara normal ia
akan terbentur atau terpaksa harus melakukan, serta mengetahui pula hal-hal
yang bisa merusak akidah dan amal ibadahnya . Sedangkan secara fardu kifayah
harus ada orang yang mendalami dan menguasai ilmu agama(bukan sekedar fardu
‘ain), sehingga dapat di jadikan rujukan pertanyaan, sekaligus dapat membimbing
masyarakat yang membutuhkanya.
Semua itu tentu harus ada yang
dapat menjaga kelangsungan dan menjawab tantangan sebagai benteng pertahanan
serta dapat menjawab masalah-masalah yang relatif berat dan sulit yang muncul.
Ringkasnya , harus ada orang yang bisa mencari kebenaran , menjelaskan
kebenaran dan mempertahankanya.
Kalau kita melihat keadaan
santri-santri pondok pesantren salaf tradisional, ternyata wakyu belajarnya
tidak sama. Ada yang belum satu tahun sudah boyong, dan hal ini biasanya karena
factor tidak kerasan. Ada yang hanya dua tahun , sehingga setelah mereka berada
di rumah jadinya pun beragam. Namun juga ada yang meneruskan jenjang pendidikan
lain(atasnya). Secara factual kelompok inilah yang paling besar jumlahnya. Ada
yang sampai tiga atau empat tahun, bahkan ada yang sampai lima tahun. Tetapi
kelompok ini relatif lebih sedikit. Dan selanjutnya ada yang mendapat
kesempatan thalabul ilmi lebih lama , hingga Sampai Sembilan tahun atau bahkan
lebih.
B. RANCANGAN PENDIDIKAN
Dengan mempertimbangkan
keadaan dan kebutuhan, pendidikan pondok pesantren salaf tradisional minimal
dapat di bagi tiga atau empat jenjang kelas. Yaitu dua tahun, tiga tahun dan
empat tahun.
1. KELAS 2
TAHUN
Kelompok yang
pertama ini ada yang masa tinggalnya di pesantren hanya dua tahun dan ada pula
yang lebih(meneruskan kelas atasnya).
Untuk yang
hanya dua tahun , ditargetkan harus sudah bisa memahami betul cara beribadah
dan bisa melakukanya dengan benar, juga tahu mana yang wajib , sunah,mubah dan
haram. Dengan kata lain , santri sudah bisa mandiri dalam beribadah, yang
berarti pula sudah terpenuhi kewajiban thalabul
ilmi fardu ‘ainya . Kelompok ini diproyeksikan
sebagai muslim awam yang terampil atau aktif.
Bagi
yang melanjutkan lagi , selain mengetahui pengetahuan tersebut, mereka juga di
persiapkan untuk jenjang pendidikan berikutnya. Sehingga , tidak akan di rasa
adanya jurang pemisah, tetapi justru dalam perjalanan belajarnya akan terasa
ada kesinambungan. Dengan demikian , pengajaran dan pendidikan untuk jenjang
kelas dua tahun ini di tata sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan seorang
awam dan sekaligus menjadi pondasi atau batu loncatan untuk jenjang pendidikan
berikutnya dengan sistem cepat dan tepat.
2. KELAS 3
TAHUN
Kelompok ini disiapkan untuk mampu menjadi guru dan
pimpinan di daerahnya masing-masing. Untuk memenuhi target tersebut , santri di
upayakan bisa memahami sebuah fan(bidang) ilmu
agama yang ada dan juga di upayakan mampu memahami kitab-kitab salaf dengan hanya
sedikit ketergantungan kepada orang lain. Santri jenjang ini juga di targetkan
mengerti hukum islam, baik ubudiyah maupun muamalah yang kerap
muncul atau terjadi dalam masyarakat luas. Kelompok ini juga harus bisa
memahami dan dapat menerima keterangan berbagai hal baru dan bisa
menerangkannya kepada masyarakat. Untuk mengatur sistem pendidikan tersebut
haruslah meliputi pendidikan semua fan, pengertian semua hukum yang berkaitan
dengan perilaku dan kebudayaan masyarakat, pengertian hakikat ahlussunnah wal
jamaah serta sedikit pengenalan tentang semua aliran agama atau sekte yang ada
di Indonesia.
3.
Kelas 4 Tahun
Kelompok
ini di rancang untuk dapat menjadi rujukan kelompok sebelumnya, sehingga
kelompok ini harus betul-betul memahami hukum dan bisa menjawab masalah
waqiiyyah (terjadi) atau bahkan masalah-masalah yang jarang terjadi, atau
mungkin belum diterangkan ulama-ulama salaf secara sharih. Kelompok ini juga
harus bisa mempertahankan ajaran atau akidah ahlussunnah sekaligus dapat
mengcounter paham-paham lain yang tidak sesuai. Maka dalam jenjang pendidikan
kelompok kelas empat tahun ini dibutuhkan kecermatan dan ketelitian yang lebih
maksimal dalam memahami kitab-kitab salaf guna mencari jawaban masalah waqiah
secara benar. Santri kelompok ini juga harus mampu memahami dalil-dalil
ahlussunnah wal jamaah serta kelemahan-kelemahan kelompok lain secara lebih
cermat dan teliti.
Adapun
jenjang-jenjang pendidikan berikutnya adalah kelompok yang sudah mempunyai fan
ilmu yang diperdalam dan dikaji. Sehingga, kelompok terahir ini hanya diarahkan
dan dibimbing sesuai bakat dan kemauannya masing-masing untuk menjadi seorang
profesional yang menekuni disiplin ilmu sesuai dengan bakat dan keahliannya.
Demikian
sekilas dasar pemikiran tentang pendidikan pondok pesantren salaf tradisional.
Walhamdu lillahi robbil alamin.
Labels:
VISI MISI
Thanks for reading GARIS BESAR PROGRAM PENDIDIKAN PP FADLLUL WAHID. Please share...!
0 Comment for " GARIS BESAR PROGRAM PENDIDIKAN PP FADLLUL WAHID"