ISTIKHLAF
Istikhlaf
adalah: permintaan ganti dari seorang imam yang batal sebab hadats
atau selain hadats kepada makmum atau selain makmum untuk menjadi imam.
Istikhlaf itu
dibagi dua, yaitu:
1. Pada shalat
Jum’at.
Istikhlaf pada shalat Jum’at itu ada tiga tempat, yaitu:
·
Pada tengah-tengah khutbah.
Syaratnya
yaitu orang yang mengganti (الخليفة) harus mendengar rukun-rukun
khutbah yang sudah disampaikan oleh khatib sebelumnya.
·
Diantara khutbah dan shalat.
Syaratnya
yatiu الخليفة harus
mendengar rukun rukun khutbah.
·
Di dalam shalat.
Dalam hal ini dibagi menjadi tiga:
a.
الخليفة bukan termasuk orang yang ikut dengan imam
tersebut (غير المأموم). Istikhlaf dalam hal ini tidak sah.
b.
الخليفة sudah menemui rakaat
pertama atau ruku’ pada rakaat pertama, maka
shalat Jum’at bagi الخليفة
tersebut hukumnya sah.
c.
الخليفة menemui imam setelah ruku’ pada rakaat
pertama, adapun hukumnya adalah khilaf:
·
Menurut Ibnu Hajar: Meminta ganti pada orang tersebut
tidak boleh, karena orang tersebut belum bisa dikatakan menemui shalat Jum’at,
sedangkan jika melihat persyaratan orang dikatakan menemui Jum’at adalah jika
seseorang menemui satu rakaat bersama imam sampai salamnya imam. Adapun pada
kasus di atas الخليفة belum sampai menemui
salamnya imam, sehingga tindakan yang harus dilakukan adalah menunjuk seorang
makmum yang kira-kira menemui ruku’nya imam pada rakaat pertama. Adapun
hukumnya seorang makmum yang tidak menemui ruku’nya imam pada rakaat pertama
apabila ditunjuk untuk mengganti imam adalah: bagi ma’mum shalat jum’atnya sah,
sedangkan bagi الخليفة shalat jum'atnya tidak
sah.
·
Menurut Ar-Ramli: Apabila seorang makmum sudah menemui ruku’-nya
imam pada rakaat kedua dan dua sujud bersama imam maka boleh dijadikan الخليفة dan shalat Jum'atnya sah.
2.
Pada selain shalat Jum’at.
Istikhlaf pada selain shalat Jum’at ada 2 macam, yaitu:
a) الخليفة bukan orang yang ikut
imam (tidak menjadi makmum) sebelum imam hadats, maka boleh menunjuk
orang tersebut menjadi imam, apabila antara الخليفة dengan imam urutan shalatnya sama,
seperti istikhlaf dilakukan pada rakaat awalnya imam (boleh pada semua
shalat, baik shalat رباعية atau selain رباعية) atau dilakukan pada rakaat ketiga
shalat رباعية.
b) الخليفة adalah orang yang ikut imam sebelum
hadats-nya imam (makmum).
Istikhlaf kepada makmum tersebut boleh secara mutlak (karena
apabila yang menjadi الخليفة adalah makmum maka sudah
jelas tertib shalatnya, karena tertib antara imam dan makmum hukumnya wajib).
أسنى المطالب شرح روض الطالب - (ج 1 / ص 443)
(وَيَجُوزُ فِي غَيْرِ الْجُمُعَةِ اسْتِخْلَافُ غَيْرِ
الْمُقْتَدِي فِي الْأولَى وَالثَّالِثَةِ مِنْ الرَّبَاعِيَةِ) لِمُوَافَقَةِ
نَظْمِ صَلَاتِهِ نَظْمَ صَلَاتِهِمْ (لَا) فِي (غَيْرِهِمَا) مِنْ الثَّانِيَةِ
وَالْأَخِيرَةِ ؛ لأنه يَحْتَاجُ إلى الْقِيَامِ وَيَحْتَاجُونَ إلى الْقُعُودِ
وَقَضِيَّةُ التَّعْلِيلِ أَنَّهُ لَوْ كَانَ مُوَافِقًا لَهُمْ كَأَنْ حَضَرَ
جَمَاعَةً فِي ثَانِيَةٍ مُنْفَرِدًا أو أَخِيرَتِهِ فَاقْتَدَوْا بِهِ فِيهَا
ثُمَّ بَطَلَتْ صَلَاتُهُ فَاسْتَخْلَفَ مُوَافِقًا لَهُمْ جَازَ ، وَهُوَ ظَاهِرٌ
وَإِطْلَاقُهُمْ الْمَنْعَ جَرَوْا فِيهِ عَلَى الْغَالِبِ قَالَ فِي
الْمَجْمُوعِ: وَيَجُوزُ إسْتِخْلَافُ اثْنَيْنِ وَأَكْثَرَ يُصَلِّي كُلٌّ
بِطَائِفَةٍ وَالْأولَى الِاقْتِصَارُ عَلَى وَاحِدٍ وَلَوْ بَطَلَتْ صَلَاةُ
الْخَلِيفَةِ جَازَ إسْتِخْلَافُ ثَالِثٍ وَهَكَذَا وَعَلَى الْجَمِيعِ مُرَاعَاةُ
تَرْتِيبِ صَلَاةِ الإمام الْأَصْلِيِّ (وَخَلِيفَةِ الْجُمُعَةِ ، وَهُوَ
الْمُقْتَدِي) بِإمامهَا قَبْلَ بطلان صَلَاتِهِ (إنْ اُسْتُخْلِفَ فِي)
الرَّكْعَةِ (الْأولَى أَتَمَّهَا جُمُعَةً وَلَوْ لَمْ يَحْضُرْ الْخُطْبَةَ) ؛
لأنه بِالاقتداء صَارَ فِي حُكْمِ حَاضِرِهَا ؛ وَلأنه قَدْ سَمِعَهَا أَرْبَعُونَ
غَيْرُهُ وَسَمَاعُهُمْ كَسَمَاعِهِ (أو) اسْتَخْلَفَ (فِي الثَّانِيَةِ وَلَمْ
يُدْرِكْ مَعَهُ الْأولَى أَتَمَّهَا وَحْدَهُ ظُهْرًا) ؛ لأنه لَمْ يُدْرِكْ
مَعَهُ رَكْعَةً وَإِنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْجُمُعَةِ فِي جَمَاعَةٍ
وَيُخالف الْمَأْمُومَ ؛ لأنه إمام لَا يُمْكِنُ جَعْلُهُ تَابِعًا وَفَارَقَ
إتْمَامُهَا جُمُعَةً فِي الْأولَى مَعَ أَنَّهُ لَمْ يُدْرِكْهَا كُلَّهَا مَعَهُ
؛ لأنه ثَمَّ أَدْرَكَهُ فِي وَقْتٍ كَانَتْ جُمُعَةُ الْقَوْمِ مَوْقُوفَةً عَلَى
الإمام فَكَانَ أَقْوَى مِنْ الْإِدْرَاكِ فِي الثَّانِيَةِ وَجَازَ لَهُ فِيهَا
الإِسْتِخْلَافُ ، وَإِنْ كَانَ فِيهِ فِعْلُ الظُّهْرِ قَبْلَ فَوْتِ الْجُمُعَةِ
لِعُذْرِهِ بِالِإسْتِخْلَافِ بِإِشَارَةِ الإمام قَالَهُ الرَّافِعِيُّ وَقَدْ
يُؤْخَذُ مِنْهُ أَنَّهُ إذا اسْتَخْلَفَهُ الْقَوْمُ أو تَقَدَّمَ بِنَفْسِهِ لَا
يَجُوزُ ذَلِكَ لَكِنَّ
إطْلَاقَهُمْ يُخالفهُ وَيُوَجَّهُ بِأَنَّ التَّقَدُّمَ مَطْلُوبٌ فِي
الْجُمْلَةِ فَيُعْذَرُ بِهِ أَمَّا إذا أَدْرَكَ مَعَهُ الْأولَى فَيُتِمُّهَا
جُمُعَةً وَعُلِمَ مِنْ كَلَامِهِ أَنَّهُ لَا يُشْتَرَطُ فِي جَوَازِ
اسْتِخْلَافِهِ فِي الثَّانِيَةِ إقْتِدَاؤُهُ بِهِ فِي الْأولَى ، وَهُوَ
كَذَلِكَ
Labels:
FIQIH
Thanks for reading Hukum Pergantian Imam. Please share...!
0 Comment for "Hukum Pergantian Imam"