Hukum Berobat

Hukum Berobat
Oleh: Madad Muhammad Arsyad
       
        Untuk kemakmuran masyarakat dalam sebuah Negara, mutlaq dibutuhkan Rumah Sakit sebagai sarana untuk berobat. Agama juga mengamini hal ini, bahkan mempelajari ilmu kedokteran atau ketabipan hukumnya fardlu kifayah, yang seandainya satu daerah tidak ditemukan satu orang pun yang belajar ilmu ini maka seluruh penduduknya mendapat dosa. Namun bukan berarti seorang yang sakit wajib untuk berobat, melainkan hukum berobat bagi Orang yang sakit itu berbeda-beda melihat keadaan orang tersebut. Perinciannya sebagai berikut:
        Pada dasarnya, orang yang sakit itu dianjurkan untuk berobat. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Imam At tirmidzi disebutkan: “Sekelompok orang baduwi bertanya kepada Rosululloh: “Wahai Rosululloh apakah kami perlu berobat?” kemudian Rosul menjawab: “Berobatlah kalian semua; sesungguhnya Alloh tidak menciptakan penyakit tanpa ada obatnya, kecuali penyakit orang yang tua renta”. Namun hukum berobat ini tidak sampai taraf wajib: karena manfaat dari berobat sendiri tidak dapat dipastikan hasilnya, tidak dapat diketahui dampak nyatanya, sehebat apapun dokter yang mengobati.
        Kemudian berobat itu terkadang menjadi afdol untuk dilakukan bagi orang-orang yang kesembuhannya dapat memberi dampak positif bagi banyak orang, semisal dia merupakan satu-satunya Kyai disebuah desa. Berobat juga lebih baik dilaksanakan bagi seseorang yang selalu mengeluh terhadap sakitnya. Sementara bagi seseorang yang bukan dalam kategori tersebut, dan kuat dalam berpasrah dan bertawakkal kepada Tuhan atas sakitnya, maka baginya lebih baik untuk tidak berobat.
        Selanjutnya, bagi siapapun makruh memaksa atau meminta terus menerus  seseorang yang sakit untuk berobat, walaupun ia mengetahui seorang dokter ahli dalam menangani penyakitnya; karena pemaksaan yang ada dapat menjadikan waswas pada hati seorang yang sedang sakit tersebut.
        Demikian sekilas hukum berobat yang dapat kami sampaikan. Kemudian hal yang tidak kalah penting lagi untuk diketahui adalah: seseorang yang tertimpa musibah, entah berupa sakit yang menggrogoti tubuhnya atau kehilangan harta bendanya, atau terhimpit kerasnya kehidupan, atau fitnah-fitnah duniawi  yang lain, makruh baginya untuk berdoa kepada Tuhan agar segera mengambil nyawanya. Dan terkadang doa seperti ini disunnahkan, yakni bagi seseorang yang tidak kuasa menahan fitnah terhadap agama yang ia alami, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan ahirat.
       
        Refrensi:   
Ø     فتح الوهاب شرح منهج الطلاب - موافق دار الكتب العلمية ومع مقدمة (1/ 155)
        (و) أن (يتداوى) المريض لخبر البخاري: ما أنزل الله داء إلا وأنزل له شفاء، وخبر أن الاعراب قالوا: يا رسول الله أنتدواى، فقال: تداووا فإن الله لم يضع داء إلا وضع له دواء، إلا الهرم رواه الترمذي وغيره وصححوه. قال في المجموع فإن ترك التداوي توكلا فهو فضيلة (وكره إكراهه عليه) لما فيه من التشويش عليه.
        قال في المجموع: وخبر لا تكرهوا مرضاكم على الطعام فإن الله يطعمهم ويسقيهم ضعيف ضعفه البيهقي وغيره وادعى الترمذي أنه حسن (و) كره (تمنى موت لضر) في بدنه أو دنياه. (وسن) تمنيه (لفتنة دين) لخبر الشيخين في الاول: لا يتمنين أحدكم الموت لضر أصابه فإن كان لا بد فاعلا فليقل: اللهم أحيني ما كانت الحياة خيرا لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيرا لي واتباعا في الثااني لكثير من السلف وذكر السن من زيادتي. وقال الاسنوي وغيره: إن النووي أفتى به.

Ø     حاشية البجيرمي على المنهج (4/ 348)
        ( قوله : وأن يتداوى ) وإنما لم يجب كأكل الميتة للمضطر وإساغة اللقمة بالخمر لعدم القطع بإفادته بخلافهما .
ويجوز الاعتماد على طلب الكافر ووصفه ما لم يترتب على ذلك ترك عبادة أو نحوها مما لا يعتمد فيه شرح م ر . قال ع ش : وأفهم قوله : لعدم القطع بإفادته أنه لو قطع بإفادته كعصب محل الفصد وجب وهو قريب ( قوله : ما أنزل الله داء ) أي : ما وضع الله مرضا في جسم شخص إلخ .
        ( قوله : فهو فضيلة ) فيه إشارة إلى أن التداوي أفضل منه لمن كان في شفائه نفع عام للمسلمين ، أو خشي على نفسه من التضجر بدوام المرض وإن تركه توكلا أفضل حيث انتفى ذلك ورزق الرضا به ا هـ شوبري .

Ø     حاشية البجيرمي على المنهج (4/ 349)
        ( قوله : وكره إكراهه عليه ) أي : الإلحاح عليه وإن علم نفعه له بمعرفة طبيب وليس المراد به الإكراه الشرعي الذي هو التهديد بعقوبة عاجلة ظلما إلى آخر شروطه كما ذكره ع ش على م ر .

Ø     حاشية البجيرمي على المنهج (4/ 351)
        ( قوله : لضر ) خرج بالضر التمني بلا ضر فلا كراهة فيه ولا يقال : إن هذا يفهم من الأول بطريق الأولى ؛ لأن الأول يشبه التظلم بخلاف الثاني ز ي ع ش ( قوله : أو دنياه ) ومنه ضيق العيش ( قوله : وسن لفتنة دين ) أي : لخوفها أو خوف زيادتها والمراد بها المعاصي والخروج عن الشرع ، ويسن أيضا تمنيه لغرض أخروي كتمني الشهادة في سبيل الله تعالى قال ابن عباس : لم يتمن نبي الموت غير يوسف صلى الله عليه وسلم .


        Sekian. Semoga bermanfaat.
Labels: FIQIH

Thanks for reading Hukum Berobat. Please share...!

0 Comment for "Hukum Berobat"

Back To Top